Mungkinkah Akan Ada Grup Neraka Pada Putaran UEFA Euro 2020

February 5, 2024

Laga terakhir babak penyisihan grup Piala Eropa telah berakhir pekan ini dan sebanyak 20 negara sudah memastikan lolos ke fase putaran final UEFA Euro 2020 sementara 4 yang lainnya harus menjalani babak playoff lebih dulu untuk memastikan tiket menuju putaran final. Banyak kejutan yang terjadi namun yang pasti, tanggal 30 November mendatang merupakan waktu untuk mengumumkan drawing grup untuk seluruh peserta yang lolos dengan pot yang telah dibagi sebelumnya.

Kriteria Pembagian Pot UEFA Euro 2020

Bukarest, Rumania akan menjadi tempat atau venue digelarnya pengundian drawing grup putaran final UEFA Euro 2020 dan sekaligus akan menjadi tempat yang sangat menentukan bagi para pesertanya untuk mengetahui siapa saja lawan yang harus mereka hadapi untuk dapat lolos ke babak selanjutnya. Babak kualifikasi grup baru saja berakhir dan sekitar 20 negara telah lolos enuju putaran final sementara empat lainnya masih akan berjuang di fase playoff demi meraih tiket lolos.

Hal yang menarik dari drawing yang akan terjadi beberapa hari ini adalah terdapat sebuah potensi besar yang mungkin akan tercipta yaitu kemunculan grup neraka pada babak penyisihan grup tahun depan. Hal ini dikarenakan negara favorit calon juara ditempatkan pada pot yang berbeda sehingga kemungkinan mereka akan bertemu di satu grup kembali sangat besar. Ada kriteria dalam pembagian pot ini yaitu didasarkan dari ranking masing-masing negara yang ada di babak kualifikasi kemarin.

Namun masih ada pula beberapa kriteria yang lainnya pula dalam pembagian pot ini. Portugal merupakan juara bertahan Euro empat tahun lalu dan karena mereka ada juara bertahan, maka mereka ditempatkan di pot 3. Portugal berada disini karena mereka hanya mampu berada di peringkat kedua atau runner up pada babak penyisihan Grup B kemarin di bawah Ukraina yang secara mengejutkan berhasil keluar sebagai juara grup. Sementara Perancis ditempatkan di pot 2.

Daftar Pembagian Pot UEFA Euro 2020 Sebelum Drawing

Finalis dari Euro empat tahun lalu edisi 2016 sekaligus juga sebagai juara Piala Dunia tahun lalu ini berada di pot kedua karena si Ayam Jantan senasib dengan Portugal yaitu hanya berhasil menjadi runner up di babak kualifikasi di belakang sesama finalis Piala Dunia tahun lalu, Kroasia. Inilah beberapa hasil pembagian pot untuk UEFA Euro 2020 yang akan diundi akhir bulan ini yaitu:

  • Pot 1: Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, Ukraina
  • Pot 2: Polandia, Perancis, Kroasia, Swiss, Rusia, Belanda
  • Pot 3: Turki Portugal, Austria, Denmark, Republik Ceko, Swedia
  • Pot 4: Finlandia, Wales, pemenang dan babak Play-Off A, B, C dan D

 

Dari seluruh negara yang berhasil lolos langsung tanpa play-off, Wales memastikan diri sebagai negara terakhir yang akan berkompetisi di putaran final tahun depan. Wales telah berhasil mendapatkan tempatnya setelah mereka menaklukkan Hungaria pada laga terakhir fase penyisihan grup E hari Rabu kemarin dengan skor 2-0 yang berlangsung di Cardiff Stadium. Pada laga terakhir ini, anak asuhan Ryan Giggs langsung tampil dengan susunan pemain terbaik mereka saat itu juga.

Dalam susunan pemain tersebut, Gareth Bale yang dikabarkan cedera pun akhirnya membela negaranya itu bahkan slot online berhasil untuk menyumbangkan satu assist penting bagi tim dan Aaron Ramsey berhasil untuk menjadi bintang utama Wales setelah berhasil untuk mencetak 2 gol penting yang membawa Wales berhasil lolos dari lubang jarum. Wales pun berhasil untuk mencatatkan kembali sejarah karena berhasil dua kali lolos ke putaran final Euro empat tahun lalu dan tahun 2020.

Bahkan edisi Euro tahun 2016 yang lalu, Wales juga langsung mencetak sejarah lainnya karena berhasil masuk ke babak semifinal. Bagaimanakah hasil drawing UEFA Euro 2020 yang berlangsung akhir bulan ini? Anda nantikan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *