Produksi Berlebihan Ancam Superfood di Andes

January 26, 2024

Dari puncak pegunungan Andes sampai ke kedalaman hutan hujan Amazon dan Patagonia yang dingin, penduduk asli telah lama makan quinoa, camu camu dan calafate, sebuah pola makan sehat yang telah menjadi fenomena global yang kini terancam oleh kelebihan produksi. Masalah ini menjadi perhatian serius bukan hanya untuk menyelamatkan Andes tetapi juga yang lainnya.

Peningkatan Konsumsi Masyarakat Dunia

Kaya akan antioksidan, vitamin, asam amino, mineral dan serat, biji-bijian dataran tinggi (seperti quinoa, amaranth, kaniwa), akar (singkong dan yacon) dan buah beri (calafate, jambu biji Chili) menawarkan harapan baru untuk mencegah berbagai penyakit kardiovaskular, obesitas dan kanker. Berbagai makanan tersebut yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun oleh penduduk asli.Makanan dari dataran tinggi itu semakin populer dan disebut sebagai superfood oleh masyarakat dunia.

Antara 2011 dan 2015, produk alami kuno ini ditawrakan di pasar internasional dengan harga yang melonjak 202 persen.Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Promperu, komisi ekspor dan pariwisata Peru. Ada peningkatan 10 persen dari Januari hingga November 2017 dalam ekspor makanan ini, seperti kacang sacha inchi yang kaya asam lemak dan buah lucuma yang bervitamin-tinggi.

Meningkatnya konsumsi makanan kesehatan yang dipuji oleh foodies, vegetarian dan ahli diet telah mendorong produsen untuk mencoba menyesuaikan hasil panen tahunan mereka dengan permintaan. Antara 2012 dan 2017, ekspor quinoa Peru, “gandum emas Inca,” telah meningkat empat kali lipat dari $ 34,5 juta menjadi lebih dari $ 124 juta. Data ini ditunjukkan oleh Promperu.Ekspor Sacha indi meningkat 116 persen tahun lalu.

Pengolahan Yang Merugikan

Tetapi komposisi tanah dan pengolahan makanan super yang dijual secara komersial dan diekspor dapat mengubah atau menghancurkan sifat-sifat unik mereka.Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Marcela Zamorano, seorang ahli kimia yang mengkhususkan diri dalam analisis makanan di Universitas Santiago, Chili.Quinoa sendiri sering diproses menggunakan suhu tinggi.

“Tantangan utama adalah untuk memastikan nutrisi dari produk dota777 gacor industri tidak berkurang dibandingkan dengan biji-bijian asli,” kata ahli kimia makanan, Finlandia Ritva Repo dari universitas agraria La Molina di Lima, yang telah menulis beberapa buku tentang quinoa.Artinya, produksi dan pengolahan harus diperhatikan agar tidak mengurangi kandungan makanan super (superfood) tersebut.

Berasal dari dataran tinggi Andes Bolivia dan Peru, quinoa kini juga tumbuh di Cina, India, Belanda, dan Amerika Serikat.Menurut Repo setelah dipindahkan dari habitat aslinya, biji-bijian Andes ini kemudian kehilangan beberapa nutrisi.”Quinoa yang tumbuh pada 4.000 meter (13.000 kaki) adalah yang paling bergizi,” kata direktur Promperu, Isabella Falco, yang mendorong untuk melabeli gandum dengan daerah asalnya sehingga konsumen dapat mengidentifikasi produk Peru.

Bayam, yang kaya kalsium dan protein daripada quinoa, dan kaniwa, yang mengandung lebih banyak serat dan zat besi daripada bayam, akhirnya juga termasuk dalam biji-bijian Andes kuno lainnya dalam memenuhi nasib yang sama seperti quinoa. Para ahli mengatakan biji-bijian ini, buah dan buah dapat membantu mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit kronis yang tidak menular seperti diabetes.

Walau banyak sekali manfaat dari semua yang ada di Andes, mereka tidak dapat mengganti obat jika Anda sakit.Hal ini sebagaimana ditekankan oleh kimiawan Marcela Zamorano.”Biasanya, makanan super tidak melawan patogen tertentu, tetapi mereka mencegah perkembangan penyakit tertentu,” katanya.Walau demikian, produksi yang berlebihan tentunya harus dikontrol dengan baik agar tidak merugikan siapapun termasuk kerugian alam atau lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *